Sabtu, 22 Agustus 2020

Ide Kebangkitan

 Ide ini udah menyesak di otak dan tanganku. 

Bertepatan dengan pulang kampung ramadhan kemaren, virus-virus ini ku sebar ke setiap orang yang menurutku bisa ku pengaruhi. 

Ide untuk memulai bisnis dari usia dini, atau paling tidak dari saat ini. 

Terserah anda mau bisnis apa, manfaatkan kekayaan daerah kita, akan lebih bagus lagi jika ada kontribusinya untuk kekhasan daerah, dapat membangun generasi yang lebih baik. Jangan bisnis yang malah merusak generasi, pembodohan dengan hiburan semu. Mari pikirkan Bisnis apa yang akan anda jalani.


Kamu sekarang kelas berapa? (saya menunjuk salah satu teman kecil yang ikut mendengar waktu itu), kelas 3 SD bang, jawab tu teman. 

Okeee,, Misalnya gini nih, kamu minta orang tua mu untuk datangin orang kaya di kampung ini, katakan pak ".....", minta dia modalin kamu sepasang kambing, palingan habis duit 1 juta (yang ketek sajo), saya yakin pak "...." pasti mau. 

Trus saya bilang lagi: Kambing itu beranak 3 x dalam 2 tahun bro, dan jarang sekali beranak itu yang satu anaknya, biasanya 2 atau 3. sekarang kamu kelas 3 SD, jika sampai tamat SMA kamu gak jual-jual itu kambing, kira-kira berapa  jumlahnya tuh? (mmmmmm..... ????????? eee.... dianya bingung).

Apalagi nih ya, kambing tuh bisa dikatakan gak ada penyakitnya di kampung kita, ngembalainnya mudah dan gak ngganggu sekolah, karena saya pengalaman dari sebelum SD udh ngembalain kambing gtu bro (curhat nih yeee.. hehe). Kalo kamu ngembalain kambing, kamu gak inget lagi deh tuh mau keluyuran sana sini apalagi mau pacaran (kan udah ada kambing yang jadi pacar kamu,,,, hehe), karena sudah ada tanggung jawab (eee,,, dianya ngangguk-ngangguk, kening berkerut).


Pokoknya banyak hal yang saya beberkan ke teman-teman, di banyak tempat dan biasanya habis tarawihan gtu. Segudang manfaat yang akan kita tuai jika kita menggalakan "memulai bisnis dari usia dini". Kepribadiannya akan bagus, kenakalan remaja jadi jauh, kemauan mereka untuk terus melanjutkan pendidikan akan mulus tanpa kendala materi pastinya. Banyak untungnya dehhh....


Hasilnya mang luar biasa (setidaknya menurut saya). Perbincangan yang selalu memakan waktu hingga larut malam itu, benar-benar membakar semangat mereka. Saat ini, salah satu teman saya yang berprofesi sebagai guru honorer, telah membeli bibit kambingnya dan sepertinya lagi sibuk bikin kandang kayaknya (sukses bro...).

Dan satu lagi teman kecil (masih kelas 1 SMP) di samping rumahnya yang juga getol bangat ngembala kambing...

(Kok jadi gembala kambing semua ya.... hehe).  


Ayoo,,,, mulai bisnismu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik hati. Komentar Mu sangat Ku nanti...