Sabtu, 12 Oktober 2013

Bedah Buku: Api Sejarah 1 dan 2

Butuh waktu empat belas tahun bagiku untuk mengurutkan adegan sejarah bangsa ini dalam otakku. Dan hanya butuh waktu empat jam saja untuk membuatnya terserak berhamburan.
Bedah buku Maha karya Prof. Ahmad Mansur Suryanegara, Guru besar Universitas Padjajaran Bandung, siang tadi di Masjid Kampus UGM sungguh mengesankan.
Ribuan pasang mata dibuat ternganga dengan paparan sang Kyai (Aku menyebutnya demikian) yang sudah sesepuh ini. Begitu sang kyai memulai, jemari sang kyai meliuk2 menggambar peta dunia tepat di hadapanku di atas sebuah papan tulis yang tersedia. Kepiawaian sang Kyai merangkai kata dengan bagan2 apik, membuat kami dengan mudah menapaki aliran sejarah yang sudah berlalu berabad-abad lamanya itu.

Awalnya aku yang duduk hanya 2 meter saja di depan sanga Kyai merasa tersinggung, bahkan sangat tersinggung. Bermula dari pembicaraan perihal jam tangan yang mesti ditangan kanan (mata sang Kyai melirik jam tangan yang terpasang kokoh di tangan kiriku), hingga tokoh2 dari Minang yang menjadi objek pembicaraan kelamnya sejarah negeri ini. Nama-nama semisal M. Yamin dan Tan Malaka diseret-seret karena kiprahnya menjadi induak angkang sebuah partai sayap kiri kala itu. Namun ketersinggungan itu sirna ketika sang Kyai membahasakan kekagumannnya terhadap pendekar2 Minang yang lain seperti Bung Hatta, Buya Hamka dan nama2 besar urang awak lainnya.

Usai acara aku memboyong dua buku fenomal torehan tinta sang Kyai ini. Tidak tanggung-tanggung 200rb minggat dari dompetku. Ini menjadi berat karena kondisi keuanganku yang sedang menyedihkan saat ini. Hanya tersisa selembar duit bergambar Soekarno-Hatta di tanganku yang mulai gemetar. Sementara masih seminggu lagi subsidi baru datang. ya sudah mau bagaimana lagi.

Dalam-dalam ku pandangi buku-buku yang telah ditanda tangani langsung penulisnya ini. Berharap Ia mampu mengusir rasa lapar yang mulai menyerang kampung tengahku, setidaknya untuk malam ini.

 

By: Betri Wendra
(Photo: http://us.images.detik.com/content/2010/01/09/486/Api-Sejarah-Insert.jpg)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang baik hati. Komentar Mu sangat Ku nanti...